Solusi Kegagalan Usaha Kelompok

image

Kelompok Kerja Tani maupun ternak marak dilakukan di masyarakat pedesaan. Mulai dari Kelompok Tani Ternak Unggas, Sapi, Ikan maupun bidang Agribisnis dan Pertanian lainnya dihajadkan menjadi solusi ekonomi masyarakat. Biasanya sumber dana usaha ini berasal dari bantuan sosial, pinjaman bank. Apakah ada usaha kelompok begitu yang dibiayai dari dana patungan? Sepanjang pengamatan penulis belum menjumpainya.

Prosentase Keberhasilan dan kegagalannya sangat kecil. Bisa dikatakan 0% . Biasanya usaha itu berjalan dengan grafik yang menurun dan akhirnya mati. Mengapa bisa demikian? Jika selalu gagal mengapa cara itu terus dipakai? Sudahkah dievaluasi apa penyebab kegagalan usaha itu? Marilah kita bahas tunjuan, cara mencapainya, evaluasi dan solusinya.

Jika pembaca adalah pelopornya pasti tahu alur kerjanya dan kemampuan yang disyaratkan pasti tahu. Tahu pula peran masing-masing bagian dalam sistem sehingga tujua bisa tercapai. Tetapi kenyataa di kepala mereka tidak sesempurna itu. Mungkin ia tahu hanya sebatas yang di depan mata mereka saja. Di situlah bedany dengan anda.

Sebagai ilustrasi, jika usaha pemberdayaan ekonomi dengan penggemukan kambing maka jangan disuruh berfikir bagaimana membuat pakan yang murah. Cukuplah mereka merawat atau sebagai operator saja. Dengan SOP yang sederhana.
Pekerjaan mereka cukup memberi pakan membersihkan kandang dan melakukan pengamatan.
Pakan dan disediakan saja. Pe.eriksaan kesehatan oleh dokter.
Jadi mereka tetap enjoy tekun melakukan rutinitas yang tidak perlu kerja yang harus dengan tantangan. Jika tiba saatnya mereka akan menerima gaji. Jadi so simpel sesui kemampuan mereka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: