Proyek harus berorientasi solusi.

Suatu proyek dilaksanakan pasti ada sasaran dan memenuhi kebutuhan tertentu, sebagai suatu solusi.
Kegiatan sekecil apapun bisa dikatakan sebagai proyek, sehingga harus jelas tujuannya atau sebagai suatu solusi tertentu.
Contoh : Kegiatan Kursus komputer jika hanya diberikan tanda tamat belajar maka menimbulkan masalah baru yaitu pengangguran bersertifikat. Seyogyanya Penyelenggaraan kursus sekaligus penyalurannya ke dunia kerja. Ini penting karena akan mengangkat reputasi lembaga sebagai lembaga yang membantu memberi solusi.
Membangun komunikasi dengan dunia usaha sehingga mau menyerap lulusannya memang butuh seni tersendiri.
Masalah pertama adalah mencari calon siswa. Promosi sangat penting, kadang biaya promosi ini tidak rasional, sangat besar biayanya. Kadang harus keluar uang besar atau bisa juga degan kursus gratis dan jaminan dicarikan pekerjaan. Ini bukan hanya biaya namun pengorbanan. Namun jikabtflah berlangsung satu periode dan sukses penyaluran kerjanya ditambah punlikasi media saat wisuda dimana wisuda dilakukan setelah lulus dan diakhiri dengan magang di instansi. Teknik menulis lamaran sekaligus diajukan ke instansi tempat praktik atau yang lain memberi pengalaman tersendiri. Diharapkan selesai magang akan dapat job di tempat tersebut.
Tutor tidak kalah penting juga. Agar menarik minat dan sekaligus bisa mengajarkan ilmu sesuai tuntutan di lapangan maka sebaiknya diambil dari praktisi perusahaan atau instansi   yang ada di kota anda.
Di sisi lain bisa jadi para lulusan setelah magang atau diterima bekerja lalu mendapat jodoh yang baik baginya.
Jika memungkinkan kursus juga mengenai kewirausahaan bidang pertanian ternak dan dagang. Ini akan menambah lapangan kerja baru sekaligus membuka lowongan karyawan kantornya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: