Memperbaiki Kualitas Ayam broiler

Ayam potong alias broiler dipanen pada umur 1 bulan. Pada usia itu kualitas tekstur dagingnya memang kalah jika dibandingkan dengan ayam kampung yang memang dikonsumsi pada umur minimal 3 bulan. Di samping itu pakan ayam juga mempengaruhi cita rasa dan aroma dagingnya, apa lagi kesan ayam potong yang sarat dengan obat-obat vaksin dan minuman kimiawi, membuat sebaian orang enggan mengkonsumsi ayam potong broiler.
Dari dua masalah pokok ayam broiler yaitu masalah pakan, obat dan masalah umur maka kita bisa melakukan perbaikan- perbaikan.
Perbaikan pakan dilakukan dengan ;
a. Mengganti pakan dengan pakan organik mulai dari awal sampai panen yaitu 1 bulanan. Saat panen umur 1 bulan juga tetapi cita rasa dan warna daging merah sedikit lemaknya dan rasanya adalah ayam kampung pada berat 1.8 sampai 2kg.
b. Perbaikan pakan ayam broiler pada usia setelah satu bulan, dengan mengganti pakan organik sekaligus untuk mencapai berat di kisaran 4kg ke atas. Pada kondisi ini ayam sudah sedikit lemak sehat, dagingnya merah dan cita rasa ayam kampung.
Ayam besar ini cocok untuk sate soto dan ayam bakar guling.
Analisis ekokominya sbb.
Satu ekor ayam naik dari 2kg menjadi 3kg sampai 4 kilo. Maka kenaikannya1.5 sampai 2 kilo. Setra dengan kenaikan harga 40.000 per ekor. Pakan dalam satu bulan 5 kilo tetapi pakan ini dedak fermentasi saja. Harga dedak itu 2.500 per kilogram. Jika kali 5 maka= 12,500 rupian sampai 15.000 rupiah. Jadi laba kotor 27.500 rupiah per ekor. Mantab bukan?
Nah sekarang tinggal belajar bikin dedak katul fermentasi plus mineral yang murah. Mau tepung rumput laut tepung ikan atau tepung premix?
Intinya dedak direbus dikasih ragi tape ragi tempe em4 campur…air gula peram berapa hari ya…. sampai harum ….keringkan sajikan. Kurang jelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: