Bisnis dan Administrasi

Oleh : Suharyanto.

Peluang PNS seakan menjadi idola, namun terbatas permintaannya, begitupun guru. Penganggur berpendidikan tinggi sudah meluap ya bukan lagi melimpah. Beda dong melimpah itu potensi yang belum dimanfaatkan , kalau meluap tumpah terbuang gak terselamatkan. Hahaha….mana yang sekarang terjadi?
Perlu dipertanyakan kembali tentang status kesarjanaan mereka. Entah siapa yang keliru, apakah kampus yang tidak visioner atau mahasiswanya yang tidak update. 10 tahun yang lalu tentunya beda dengan sekarang dalam menatap lapangan kerja. Jika dulu saat mau masuk kuliah anda lihat lowongan tentu 6 tahun kemudian lowongan itu telah berubah, mungkin masih tersisa mungkin juga telah tutup dan lowongan berubah bidang lain sedangkan anda tidak lagi support dengan lowongan baru, ini masalahnya dan terjadi terus sepanjang waktu selama mahasiswa tidak update ilmu dan jeli membidik peluang usaha.

Kini harus sadar bahwa kita perlu menyesuaikan dengan zaman. Era sekarang pendidikan bisnis dan administrasi harus diprioritaskan sebagai wadah untuk mengasah naluti bisnis. Bisnis perlu keberanian ketekunan dan ketajaman mata dan olah fikir untuk mengkomunikasikan sumber daya dan potensi alam serta trend masyarakat. Menelaah dan mengkaji faktor ekstrim yang ada untuk di komunikasikan dengan potensi lain yang mingkin dilaukan sehingga tercipta inovasi bisnis yang unik unggul dan menguntungkan. Hal ini perlu latihan.

Bisnis sekecil apapun tidak akan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik tanpa administrasi yang baik pula, sehaingga perlu didalami juga ilmu pengelolaan usaha itu. Sekalipun ada staf yang akan melakukan itu namun dalam usaha skala kecil cukup dilakukan sendiri, kalaupun harus dilakukan oleh staf namun pengusaha harus lebih faham administrasi agar kewibawaan dan keselamatan usaha tetap terjaga.

Sekolah Bisnis dan administrasi bisa diikuti siapa saja. Yang penting sudah bisa menulis dan membaca. Yang lulusan SMP bahkan sarjana ajaika memang mereka butuh ilmu itu, juga boleh karena tidak ada larangan untuk bisa bisnis dengan baik.
Bagaimana denga anda?

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: