Mana yang duluan : Mata Air dan Pohon Besar di dekatnya ?

Fenomena alam  di sekitar kita kadang menyimpan rahasia dan ilmu. Jika kita mampu mengungkapnya maka jadilah ilmu dan jika diterapkan maka akan mensejahterakan manusia.
Sudah banyak bukti bagaimana perputaran musim membuat petani lebih produktif. Bidang peternakan ayam satu bulan sudah bisa dipanen.
Kali ini mari kita amati fenomena mata air. Di setiap mata air itu ada pohon besar di atasnya.
Logika pertama pohon itu bisa hidup sampai besar, ya karena ada mata air di situ. Artinya mata air dahulu baru pohonnya hidup dan besar.
Logika ke dua pohon itu tumbuh besar dan akarnya menembus ke sumber mata air sehingga secara kapiler air naik lewat sisi akar-akar itu dan muncullah mata air di bawah pohon itu. Mata air itu selalu ada di posisi bawahnya pohon, bukan di atasnya.
Jika logika pertama yang dipakai maka kita hanya bisa menemukan dan memanfaatkan saja.
Jika logika ke dua yang dipakai maka kita tanam banyak-banyak pohon jenis itu di beberapa tempat dan kita tunggu besarnya pohon itu dan bagaimana hasilnya?
Dari penuturan salah seorang pemancing yang sudah 20 tahun lebih telah mengamati di suatu tempat yang kering namun belakangan telah tumbuh besar pohon beringin. Di bawah pohon itu Sapi-sapi yang dilepas liarkan itu mengais-ais tanah di bawahnya dan memang berair dan sapi-sapi itu minum di situ.
Nah loh…gimana nih…Amati dulu apa tanam bringin di musim hujan shg musim kemarau sudah hidup dan rimbun. Kita tunggu 10 tahun mungkin sudah besar …dan muncullah …mata air ..semoga.

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: