Lomba Bikin APE dari Limbah

PEMBUATAN APE DARI BAHAN LIMBAH
oleh: Nurrahmaniah

 

BAB I

PENDAHULUAN

 
 

1.Latar Belakang Masalah

Dunia Pendidikan Anak Usia Dini adalah sebuah dunia yang tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan anak-anak.Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak di PAUD adalah alat pendidikan edukatif yang lebih dikenal dengan APE.  Alat ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan anak  atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. Pada umumnya para penyelenggara PAUD dan juga para guru PAUD masih banyak yang  membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal ini tentu saja akan menumbuhkan budaya konsumtif dan akan melemahkan daya kreativitas dan inovasi para guru PAUD dalam menyelenggarakan proses belajar yang berkualitas bagi anak.

Secara umum banyak para penyelenggara PAUD dan guru PAUD yang berpendapat bahwa memperoleh Alat Pendidikan Edukatif dengan cara membeli  adalah lebih mudah dan ekonomis. Namun jika para guru mau berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan Alat Pendidikan Edukatif dari barang-barang bekas maka tentu saja akan lebih ekonomis lagi.

Banyak mainan sekarang ini yang semakin kreatif, mahal dan beraneka macam. Tentunya hal ini akan banyak membuat orang tua bingung. Banyak mainan yang dibuat oleh pabrik yang sebetulnya kurang berfaedah bagi anak-anak karena sebenarnya alat bermain hanyalah alat bantu saja bagi seorang anak dan bukan merupakan indikator mutlak untuk anak berkembang lebih baik. Jadi mahal dan murahnya alat mainan bukanlah merupakan indikator. Anak akan dapat bermain dengan manfaat yang besar apabila orang tua dapat mengetahui sisi kegunaannya mainan tersebut.

Berdasarkan kerangka pemikiran yang ada bahwa Alat Pendidikan Edukatif, Kreatif dan Inovatif tidak mesti alat permainan yang mahal maka kami berupaya mencoba mengembangkan dan membuat sebuah APE. Sebelum membuatnya tentu saja kami harus mengetahui tentang pengertian, fungsi dan prosedur pembuatan APE untuk menjadi salah satu sumber belajar di PAUD. Kami akan mencoba membuat alat permainan , permainan ini diberi nama kotak ajaib dan yang akan dibahas dan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang meliputi berbagai aspek pengembangan diri dan bisa menarik minat belajar anak. Sehingga dapat dikategorikan sebagai permainan edukatif.

 

Di sini kami memberi nama Alat Permainan Edukatif dengan nama kotak ajaib karena permainan yang kami buat itu berbentuk kotak dimana tiap sisinya dapat digunakan, selain itu di dalam kotak juga dapat digunakan. Dengan nama kotak ajaib anak – anak akan lebih tertarik untuk bermain.

 

2. Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan APE ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar dan mengembangkan motorik pada anak

 3.  Manfaat
Berdasarkan latar belakang diatas maka manfaat dari pembuatan APE ini adalah :

  1. Untuk memberi wacana baru pada pembelajaran anak
  2. Anak lebih mudah menerima materi yang disampaikan guru
  3. Dengan penggunaan APE ini akan memotivasi anak untuk belajar sehingga anak tidak jenuh mengikuti pembelajaran
  4. Untuk mendorong guru menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat pendidikan edukatif, kreatif dan inovatif di PAUD /TK
  5. Pemanfaatan barang – barang bekas menjadi barang yang lebih berguna

Meminimalisir pengeluaran lembaga untuk pengadaan APE

 
 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 
 

1.  Tema

Dengan Alat Permaianan Edukatif kotak ajaib ini dapat mencakup berbagai tema pembelajaran diantaranya :

  1. Tema Binatang
  2. Tema Diri sendiri
  3. Tema Tanaman
  4. Dan bisa masuk di berbagai tema juga

 
 

2.  Bahan

  1. Kardus bekas
  2. Kertas mas
  3. Kertas lipat Ber warna
  4. Amplop

     
     

3.  Alat

  1. Gunting
  2. Lem
  3. Carter
  4. Penggaris
  5. Balok geometri ( untuk membuat pola)
  6. Spidol

 
 

 

 

  1. Rincian Alat dan Bahan

     

No

Alat dan Bahan

Satuan

Harga

(Rp)

Jumlah

1

Kertas mas

3

1.500

4.500

2

Kertas lipat

2

3.500

7.000

3

Lem

2

1.000

2.000

4

Spidol

2

1000 

2.000

5

Kardus

2

.500

1.000

Jumlah

16.500

 
 

 

  1. Cara pembuatan

     

  2. Kardus bagian atas di potong
  3. Kemudian semua sisi di lapisi dengan kertas Warna/ emas
  4. Sisi bagian Depan.

    Kita bikin pola bentuk geometri dan dilubangi sesuai dengan pola, dan kita membuat pola bentuk geometri sesuai dengan apa yang kita inginkan dan dilapisi dengan kertas lipat agar kelihatan rapi.


  5. Sisi bagian belakang.

    Buat lipatan berbentuk amplop bekas sebanyak 6 buah, kemudian kita beri gambar buah-buahan beserta tulisanya. Kita buat kartu huruf atau angka dari kertas lipat yang berbentuk lingkaran.


  6. Sisi samping 2.

    Kita bikin pola lingkaran yang agak besar dari kartus kemudian kita lapisi dengan kertas dan diberi angka. Kita bikin jarum dari kardus sebanyak 2 buah dan dilapisi dengan kertas kemudian kita tempel menjadi sebuah bentuk jam dinding.

     

  7. Sisi samping 2.

    Buat lipatan berbentuk amplop bekas sebanyak 6 buah, kemudian kita beri gambar buah-buahan beserta tulisanya. Kita buat kartu huruf atau angka dari kertas lipat yang berbentuk lingkaran.


     

    6.     Cara menggunakan / memainkan

a.     Sisi depan

 
 

Mengenalkan kepada anak macam – macam bentuk geometri, kemudian memberikan anak kesempatan untuk mengelompokkan macam – macam bentuk geometri dengan cara memasukkan ke tiap lubang sesuai dengan bentuknya

b.  Sisi bagian belakang

 
 

Mengenalkan macam – macam nama buah – buahan, kemudian anak –anak mengikuti guru mengeja huruf sesuai gambar dan anak mencari huruf awal gambar dan memasukkannya kedalam amplop yang sudah disediakan 

c.      Sisi samping 2

 
 

Mengenalkan anak dengan konsep waktu, anak mengarahkan jarum jam sesuai perintah guru 

d.     Sisi belakang

 Anak – anak menyebutkan gambar yang diperlihatkan oleh guru, kemudian anak mengelompokkan binatang yang hidup di air dan di darat bisa juga kendaraan air dan darat 

     
 

 

7.     Aspek yang dikembangkan

a.    Nilai Agama dan Moral

Membedakan ciptaan tuhan dan manusia

b.   Sosial Emosional dan Kemandirian

Sabar menunggu giliran.

Mau bermain dengan teman

Mengikuti aturan permainan

c.    Fisik Motorik

Berlari sambil membawa benda pada garis lurus

Menangkap bola dengan berbagai macam ukuran

d.    Kognitif

Menyebutkan gambar yang baru dilihat

Mengelompokkan benda dengan berbagai cara

Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya

Mengelompokkan bentuk – bentuk geometri

Mengenal angka

Mengurutkan pola warna

e.    Bahasa

Mengurutkan waktu yang dikaitkan dengan jam

Mengulang kalimat yang di dengar

 
 

 

 

PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)

DARI BAHAN LIMBAH

Oleh: Nurrahmaniah


Oleh: NURRAHMANIAH

 

 

 

 

 

 

LOMBA PEMBUATAN APE DARI BAHAN LIMBAH
TAHUN 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: