24 jam waktuku. Untuk siapa saja ya…

Jatah setiap insan sama, yaitu 24 jam sehari semalam. Pembagian penjatahan peruntukannya diserahkan kita masing-masing. Berapa jam untuk tidur, untuk bekerja, istirahat, makan, ibadah, rekreasi, membantu orang lain, silaturrahmi, bersama keluarga dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya agenda kegiatan tentu harus dipilah menjadi kegiatan harian, tengah mingguan, mingguan, 2 mingguan, bulanan dan seterusnya sehingga semua terlaksana. Hanya dengan perencanaan penjadwalan yang baik maka akan tercapai target semua kegiatan itu.

Suatu program kegiatan jika sudah dibuatkan rencana pelaksanaannya maka 75% kegiatan itu sudah terlaksana. Tinggal 25 % adalah realisasi pelaksanaannya. Mengapa pelaksanaan hanya 25 % ?, ya karena tinggal melaksanakan mengikuti jadwal dan semua sudah dirinci dalam perencanaan sehingga siapapun mudah untuk melaksanakannya.

Bagaimana membuat perencanaan merupakan kunci pokok. Mari kita mulai.
1. Buat tabel seluruh kegiatan yang akan dilakaanakan. Kolom pertama Nomor, kolom ke 2 nama kegiatan, kolom ke 3 periode( harian, per 3hari, mingguan bulanan dll. Kolom ke 4 peserta kegitan, Kolom ke 5 rincian kegiatan, kolom ke 6 tempat kegiatan, kolom ke 7 biaya kegiatan, kolom ke 8 sumber dana, kolom 9 keterangan, berisi catatan pelaksanaan, adakah evaluasi ataupun penundaan dan pembatalan dengan alasannya, hal ini penting untuk penyempurnaan program yang akan datang.

2. Apa sajakah macam kegiatan.yang harus direncanakan itu?
Materi kegiatan harus meliputi kepentingan :
1. Diri sendiri
2. Istri
3. Anak-anak
4. Keluarga dan mertua
5. Kawan kerja dan.sahabat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: