Tai Chi

Latihan Persiapan Tai Chi Chi Kung

 

Tulisan ini dari dirangkum dari bukunya Wong Kiew Kit yang berjudul Chi Kung for Health and Vitality dan The Complete Book of Tai Chi Chuan terbitan Gramedia, Jakarta.

Dalam tulisan ini diuraikan mengenai Latihan Persiapan Tai Chi Chi Kung, yang dikelompokkan atas tiga bagian, yakni Latihan Persiapan Tai Chi Chuan, Latihan-Latihan Dasar Chi Kung dan Latihan Gerakan Mewujud Sendiri. Latihan Persiapan Tai Chi Chuan ini berguna untuk mendapatkan Chi di dalam tubuh. Chi ini sangat penting perannya dalam mempelajari Tai Chi Chi Kung, sebab kalau tidak ada Chi di dalam tubuh, serangkaian gerakan Tai Chi Cuan hanyalah sekedar tarian yang indah dan elok dipandang saja, yang hanya berguna untuk kelenturan tubuh saja, tetapi tidak dapat digunakan untuk bela diri karena tidak bertenaga. Selanjutnya dalam Latihan-Latihan Dasar Chi Kung, Chi dapat diarahkan untuk memperoleh manfaat penyembuhan berbagai penyakit agar tubuh sehat, penuh vitalitas dan kuat selalu, sehingga dengan tubuh yang sehat, Latihan Tai Chi Chi Kung akan dapat dilaksanakan dengan baik. Terakhir dalam Latihan Gerakan Mewujud Sendiri, Chi diarahkan untuk mendapatkan gerakan mewujud sendiri yang membuat tangan, kaki dan tubuh praktisi bergerak sendiri sesuai dengan aliran Chi. Gerakkan ini dapat diarahkan dan dapat dipergunakan untuk penyembuhan dan bela diri. Sehingga dengan menguasai latihan ini praktisi akan mendapat tubuh yang sehat, penuh vitalitas dan dapat menguasai jurus-jurus Tai Chi Chi Kung dengan baik dan lancar.

 

A. Latihan Persiapan Tai Chi Chuan

Latihan persiapan ini dimaksud sebagai persiapan dalam mempelajari Tai Chi Chi Kung, setelah praktisi dapat melaksanakan dan menguasai latihan ini dengan baik maka praktisi tersebut akan mendapatkan pondasi yang kokoh dan bertenaga, sehingga dapat melaksanakan Tai Chi Chi Kung dengan baik.

 

A.1.Kuda-kuda Tai Chi Chuan

Latihan ini merupakan latihan awal, yang merupakan cara dasar untuk meningkatkan kepekaan sehingga Anda dapat merasakan aliran energi dari dalam tubuh Anda, untuk merangsang energi vital dan energi kosmis serta mengembangkan tenaga internal tersebut agar aktif dalam tubuh Anda. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Berdirilah tegak dengan kedua kaki cukup rapat dan kedua lengan mengantung secara alami di kedua sisi. Tersenyumlah, mulut dibuka sedikit, tutup mata, tenangkan pikiran dan rileks.
  2. Tetap dalam posisi ini beberapa saat rasakan aliran energi internal dalam tubuh Anda. Energi tersebut berupa energi vital Anda dan energi kosmis Alam Semesta. Posisi ini disebut dengan Wuji Zuang atau Kuda-kuda Utama (Gambar1. a).
  3. Tanpa menggerakkan kaki, pindahkan berat tubuh Anda ke kaki kiri Anda, gerakkan kaki kanan Anda sejauh satu kaki ke kanan Anda. (Gambar1.b).
  4. Kemudian pindahkankn berat Anda dari kaki kiri ke kaki kanan Anda, dan gerakkan kaki kiri Anda mendekati kaki kanan Anda. (Gambar1.c).
  5. Dengan berat tubuh di atas kaki kanan, gerakkan kaki kiri Anda sejauh satu kaki ke kiri Anda (Gambar1.d). Salurkan berat tubuh Anda pada kedua kaki, sehingga berat tubuh Anda merata pada kedua kaki Anda.
  6. Tekuklah lutut Anda sehingga keduanya berada di atas jari kaki Anda. Pastikan tubuh Anda tegak dan rileks. Kemudian naikkan kedua lengan ke depan sampai batas dada, dengan siku terlipat sehingga lengan Anda membentuk lingkaran di depan Anda (Gambar1.e). Peganglah jari-jari kedua tangan dengan: jempol dan jari membentuk busur yang jika dilanjutkan akan membentuk lingkaran di depan dada Anda. Kaitkanlah lutut Anda yang tertekuk seolah-olah Anda memegang bola dengan paha dan lutut. Anda sekarang memegang tiga bola imajiner, bola kecil di telapak tangan, bola lebih besar di lengan Anda dan bola ketiga di paha dan lutut Anda.
  7. Pastikan bahu dan siku Anda jatuh secara alami, fokuskan pikiran ke Tantien di bawah perut Anda, nikmatilah sensasinya selama kurang lebih lima menit. Posisi ini disebut dengan Kuda-kuda Tai Chi.
  8. Selanjutnya, kembali lagi ke posisi Wu Ji atau Kuda-kuda Utama. Tetaplah tenang selama beberapa menit, kemudian fokuskan tenaga internal di Tantien selama kurang lebih tiga menit.
  9. Gosok telapak tangan untuk menghangatkan, tempatkan di mata Anda, dan oleslah mata Anda beberapa kali sambil membuka mata. Berjalanlah selangkah untuk mengakhiri latihan ini.

 

A.2. Mengangkat Air

Latihan ini merupakan gerakan awal dari Tai Chi sebelum dapat mempelajari jurus-jursnya, prosedurnya adalah sebagai berikut

1.    Berdirilah dengan Kuda-kuda Utama (Gambar2.a)

  1. Lalu gerakan salah satu kaki Anda untuk membentuk Kuda-Kuda Tai Chi. Secara bersamaan, naikan kedua lengan dengan siku lurus ke depan setinggi dada. Tarik napas perlahan melalui hidung (Gambar2.b).
  2. Lalu rendahkan lengan Anda di depan seolah menekan air dengan telapak tangan, keluarkan napas melalui mulut. (Gambar2.c)
  3. Setelah menaikkan dan menurunkan lengan dengan pernapasan yang benar sebanyak 5 -10 kali, Anda akan dapat memasuki alam berpikir Chi Kung, tingkat bawah sadar. Saat itu visualisasikan energi kosmis yang mengalir ke dalam diri saat Anda menarik napas, dan energi vital Anda mengalir ke lengan menuju ke telapak tangan saat Anda mengeluarkan napas. Energi kosmis dan energi vital merupakan istilah yang sering digunakan untuk merujuk energi luar dan dalam tubuh Anda.

    5.    Setelah menaikkan dan menurunkan lengan sebanyak 30 kali, dengan visualisasi dan aliran energi yang tepat, satukan kaki dan tetaplah tenang dalam Kuda-kuda Utama selama beberapa saat. Anda akan merasakan tenaga internal mengalir ke langan dan kaki, serta mengalir ke dalam diri Anda.

 

A.3. Pernapasan Perut.

Latihan ini dapat meningkat jumlah energi vital dalam tubuh dan dapat mengembangkan aliran energi secara harmonis, prosedurnya adalah sbb:

    1.    Berdirilah dengan Kuda-kuda Utama. Tempatkan salah satu telapak tangan di atas Tantient dan telapak tangan yang lain di atas telapak tangan yang pertama.

  1. Tekan perut dalam 6 hitungan untuk mengempiskannya, proses penekannya harus berkelanjutan dan lancar, bukan terputus-putus.
  2. Tetaplah menekan perut (tahan) selama 2 hitungan.
  3. Kemudian longgarkan tekanan dalam 6 hitungan sehingga perut Anda mengembang seperti semula. Pelepasan ini juga harus terus menerus dan lancar.
  4. Bertahanlah dalam posisi ini dalam 2 hitungan, kemudian ulangi porsedur ini sebanyak 10 kali. Anda dapat tingkatkan hitungannya dan perbanyak kegiatannya menjadi 30 kali
  5. Setelah Anda mahir melakukan kegiatan di atas, sehingga kembang kempisnya perut Anda menjadi spontan, Anda dapat melaksanakan tahap kedua. Prosedurnya sama dengan yang di atas, tetapi saat mengempiskan perut (menekan perut) visualisasikan aliran energi keluar melalui mulut Anda.
  6. Saat melonggarkan tekanan tekanan dan perut Anda mengembang, visualisasikan energi kosmis mengalir melalui hidung ke perut Anda.

 

B. Latihan-Latihan Dasar Chi Kung

Latihan ini merupakan latihan untuk mengaplikasikan Chi agar memperoleh manfaat penyembuhan berbagai penyakit sehingga dapat membuat tubuh menjadi sehat, penuh vitalitas dan kuat selalu.

 

B.1. Mengangkat Langit

Latihan ini merupakan latihan perkenalan yang mujarab bagi para praktisi Chi Kung Pengobatan, yang dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan keseluruhan aliran energi dalam tubuh dan untuk penyembuhan penyakit Wasir. Prosedurnya adalah sbb:

    1.    Berdirilah dengan merapatkan kedua kaki anda, kedua lengan Anda menggantung bebas pada kedua sisi, rileks, dan tersenyumlah.

    2.    Lalu tempatkan kedua lengan Anda dalam posisi seperti (Gambar3.a.) dengan jari-jari nyaris bersentuhan satu sama lain, pergelangan tangan Anda pada posisi sudut kanan terhadap kedua lengan Anda, dan kedua lengan Anda dalam posisi lurus.

  1. Gerakkanlah kedua lengan Anda ke depan dan kemudian ke atas dalam bentuk setengah lingkaran secara terus menerus. Secara serentak, bernapaslah dengan lembut melalui hidung, bayangkanlah aliran alam yang perkasa ke dalam tubuh Anda. Visualisasi itu harus dilakukan dengan lembut, atau jika Anda tidak bisa melakukan visualisasi, maka rasakan saja energi alam yang baik sedang mengaliri tubuh Anda.
  2. Sewaktu Anda mencapai posisi yang ditunjukkan pada (Gambar3.b), tahanlah aksi Anda dan napas Anda selama beberapa saat. Kemudian doronglah ke atas, seakan sedang mendorong atau “mengangkat” langit. Kedua lengan Anda harus dalam posisi lurus dan kedua pergelangan tangan Anda dalam posisi sudut kanan terhadap kedua lengan Anda.
  3. Selanjutnya rendahkanlah kedua lengan Anda ke sisi dalam gerakan setengah secara terus menerus seperti burung tengah mengerpakkan sayapnya. (Gambar3.c). Kedua lengan harus lurus dan kedua tangan dan lengan kini sudah harus berada dalam bidang yang sama. Secara serentak, hembuskanlah napas dengan lembut melalui mulut dan visualisasikan energi negatif sedang dikeluarkan.
  4. Semua kegiatan tersebut merupakan satu sesi kegiatan, untuk mendapatkan hasil yang terbaik lakukan kegiatan ini sebanyak 20 – 30 sesi.

 

B.2. Memetik Bintang

Latihan ini dapat memberikan manfaat untuk penyembuhan penyakit Usus Buntu, penyakit Perut, sakit Pencernaan dan sistem Limpa, sakit Lever, sakit Empedu dan penyakit Maag. Selain itu, latihan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi dari sejumlah meridian sebagai waduk cadangan energi, prosedurnya adalah sbb:

    1.     Berdirilah tegak lurus, dengan merapatkan kedua kaki Anda.

    2.     Letakkan kedua telapak tangan Anda setara dengan posisi perut Anda seakan Anda tengah memegangi bola raksasa (Gambar4.a)

    3.     Secara serentak, dengan lembut, hembuskanlah napas melalui hidung ke dalam perut Anda, dan bayangkan atau rasakan energi alam tengah mengaliri Anda. Bernapaslah secara wajar.

  1. Angkatlah tangan Anda yang berada di bagian atas, balikkanlah sehingga terbuka dan doronglah ke atas dengan telapak tangan menghadap ke atas langit. Sementara tangan yang lain diturunkan ke bawah dekat pangkal paha Anda dengan posisi terbalik, telapak tangan menghadap ke permukaan tanah. Kedua lengan itu harus lurus dan jari-jarinya harus menunjuk kedalam. Hembuskanlah napas dengan lembut melalui mulut Anda. Bayangkanlah energi tengah mengaliri kedua tangan Anda. (Gambar4.b).
  2. Berikutnya, dekatkanlah kedua tangan Anda satu sama lain, seakan memegangi bola, seperti posisi awal. Tariklah napas dengan lembut dan bayangkanlah energi alam tengah mengalir ke dalam dalam tubuh Anda.

7.     Ulangi prosedur ini 20 –30 kali.

 

B.3. Menggerakkan Gunung

Latihan ini dapat memberikan manfaat untuk mengembangkan tenaga dalam dan dapat menyembuhkan penyakit Arthritis, Rematik, masalah Ginjal dan nyeri Punggung, prosedurnya adalah sbb:

    1.    Berdirilah dengan kedua kaki me rapat. Gunakanlah kedua telapak tangan Anda, dengan jari menghadap ke depan, sama tingi dengan dada di sisi tubuh Anda, kedua siku Anda menunjuk ke belakang (Gambar5.a).

    2.     Tariklah napas dengan lembut dan visualisasikanlah energi alam mengalir masuk ke dalam tubuh Anda.

    3.     Dengan lembut sorongkanlah kedua tangan Anda. Hembuskanlah napas dan bayangkanlah energi vital anda sedang mengaliri punggung Anda dan telapak tangan. (Gambar5.b).

    4.     Kemudian bawalah kedua tangan Anda kembali ke posisi awal setinggi dada, sambil menarik napas pada saat yang sama

    5.     Ulangilah porsedur ini 30 – 40 kali.

Ketika Anda mendorong ke depan dan dengan lembut menghembuskan napas, rasakanlah energi Anda sedemikian kuatnya sehingga Anda dapat mendorong gunung. Sedangkan ketika menarik napas bayangkan tubuh Anda sedang diisi energi Alam yang lebih banyak lagi.

 

B.4. Memangggul Bulan

Latihan ini dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kemudaan Anda, membuat Tulang Punggung menjadi lentur, meningkatkan kualitas Sperma, vitalitas Seksual, dan memperkuat Ginjal, serta menyuburkan Rambut, prosedurnya adalah sbb:

  1. Berdirilah dengan kedua kaki me rapat. Bungkukkanlah tubuh Anda ke depan supaya kedua tangan Anda jatuh tepat di bawah lutut Anda (Gambar6.a).
  2. Benamkan kepala Anda ke bawah supaya seluruh punggung Anda membuat lekukan yang mulus. Tetaplah pada posisi ini beberapa saat, bayangkan energi vital tengah mengaliri punggung hingga kepala Anda. Anda akan merasakan denyut pada bahu, titik vital pada ubun-ubun.
  3. Bawalah tubuh Anda dan dengan lembut rentangkanlah kedua lengan Anda ke depan dan ke atas, hingga mencapai tahap tertinggi, kemudian dengan kedua ibu jari telunjuk, gambarkanlah bentuk bulan di atas kepala Anda, sembari memutark n punggung dan kepala Anda kebelakang (Gambar6.b).
  4. Pertahankanlah posisi ini beberapa saat, sambil menahan napas Anda, sembari melihat bulan yang dibentuk oleh jari-jari Anda.
  5. Luruskanlah tubuh Anda dan rendahkanlah kedua lengan Anda ke sisi, sembari menghembuskan napas dengan lembut, (Gambar6.c) bayangkan energi vital sedang mengalir dari kepala ke bawah, ke segenap tubuh Anda, seperti pancuran energi.
  6. Nikmatilah pancuran energi ini beberapa saat, ulangi proses ini sebanyak mungkin.

 

B.5. Memutar Kepala

Latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik, energi vital, denyut syaraf, membersihkan hambatan dan menyuburkan sel-sel otak. Selain itu juga memberikan manfaat untuk menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan kepala seperti: rasa pusing, migren, kegugupan, keletihan mental, dan tekanan darah rendah, prosedurnya adalah sbb:

  1. Berdirilah dengan lembut, dengan kedua kaki Anda merapat. Tenangkan diri Anda.
  2. Putarlah kepala secara melintang pada suatu sisi sejauh mungkin, cobalah untuk melihat jauh ke belakang dengan mata Anda. Lalu secara perlahan putarlah kepala Anda ke sisi lainnya. (Gambar7.a). Ulangi kegiatan ini sebanyak tiga kali.
  3. Gerakanlah kepala Anda sesuai garis bujur ke atas ke bawah sebanyak tiga kali. Sewaktu Anda memutar kepala ke bawah, cobalah menyentuh dada dengan dagu, tanpa menggerakkan punggung Anda. Waktu Anda memutar kepala ke atas, cobalah miringkan kepala sejauh Anda bisa dan lihatlah dengan mata jauh ke belakang.
  4. Dengan lembut putarlah kepala Anda ke dalam dan buatlah lingkaran besar semampu Anda, jauh ke belakang tetapi tidak menggerakan kedua bahu Anda. (Gambar7.b). Putarlah sebanyak tiga kali dan bernapaslah dengan wajar.
  5. Setelah Anda melakukan kegiatan di atas, Anda akan merasakan energi tengah mengurut kulit kepala Anda nikmatilah keadaan ini beberapa saat, dan latihan selesai.

 

B.6. Komidi Putar

Latihan ini bermanfaat untuk memulihkan nyeri Punggung, Rematik, Diabetes dan sakit Pencernaan. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Berdirilah dengan kedua kaki rapat kira-kira berjarak dua bahu, lekukan kedua lutut dan duduklah (di udara) dengan sikap menunggang kuda. Bungkukkanlah tubuh Anda ke depan dan tepuklah kedua tangan Anda seperti (Gambar8.a.).
  2. Tempatkan kedua lengan Anda lurus-lurus dan jari jemari Anda terkatup, putarlah tubuh Anda pada pinggang dengan kedua lengan Anda terentang, buatlah sebuah lingkaran seperti (Gambar8.b). Putarannya dapat dimulai dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri terserah Anda, (Gambar8.c) dan bernapaslah dengan lembut ketika Anda mengitari lingkaran besar tersebut
  3. Lanjutkan gerakan tersebut hingga Anda kembali ke titik awal. Istirahatlah selama beberapa saat, lalu ulangilah lagi prosesnya dalam arah yang sama. Lakukanlah latihannya tiga kali dari arah yaang sama, kemudian lakukan tiga kali lagi dari arah yang berlawanan.

 

B.7. Kincir Angin Raksasa

Latihan ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit Diabetes, dan meningkatkan kemampuan tenaga beladiri dan energi penyembuhan. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Berdirilah dengan kaki rapat, biarkan kedua lengan Anda bergantung dengan bebas pada kedua sisi, dengan kedua telapak tangan membuka dan menghadap ke belakang.
  2. Putarlah sebelah lengan Anda ke depan, dengan gerakan ke atas dan ke bawah, seperti kincir angin raksasa (Gambar9.a). Biarkanlah telapak tangan Anda terus membuka, dan siku Anda lurus, tariklah napas ke dalam dengan lembut sementara sebelah lengan Anda bergerak ke depan dan ke atas. Selagi Anda bernapas bayangkan energi alam mengaliri dada atau perut Anda.
  3. Sewaktu kedua lengan terus bergerak ke belakang dan ke bawah, hembuskanlah napas dengan lembut. (Gambar9.b).
  4. Ada dua metode pernapasan yang dapat digunakan yakni: pernapasan perut dan penapasan dada. Pernapasan dada lebih bertenaga dan lebih disukai oleh praktisi bela diri, karena dapat mengembangkan lengan dan telapak tangan yang kuat. Sedangkan pernapasan perut lebih lembut dan lebih disukai oleh praktisi kesehatan, karena dapat digunakan untuk menyembuhkan dan menyuburkan organ-organ tertentu di dalam tubuh.
  5. Jika Anda mengunakan pernapasan dada bayangkan energi alam mengitari dada Anda, lengan, siku, pergelangan tangan, telapak tangan dan jari-jemari Anda.
  6. Jika Anda menggunakan pernapasan perut, bayangkan energi alam memijat, membersihkan dan memperkuat beragam jenis organ id dalam perut, seperti liver, pankreas dan organ tubuh lainnya.
  7. Setelah Anda menyelesaikan gerakan lengan memutar, balikkanlah telapak tangan Anda menghadap ke belakang seperti dalam posisi siap. Nikmatilah sensasinya beberapa saat, Anda akan merasakan efek pijatan pada organ-organ tubuh Anda atau jari-jemari akan terasa digelitik.
  8. Ulangilah proses ini dengan lengan yang sama untuk kesekian kalinya. Kemudian dilanjutkan dengan lengan yang lainnya.

 

B.8. Hula Hoop

Latihan ini efektif terhadap banyak keluhan medis dan khususnya bermanfaat bagi mereka yang menderita penyaktit ginjal dan masalah kandung kemih, ketidakmampuan seksual, impotensi, tidak subur dan kerapuhan tubuh pada umumnya. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Berdirilah dengan posisi siap. Gosoklah kedua telapak tangan dengan menciptakan kehangatan, lalu letakkanlah di belakang punggung Anda, di atas daerah kedua ginjal Anda.
  2. Tutuplah kedua mata Anda dan bayangkan energi tengah mengalir dari kedua telapak tangan Anda ke dalam kedua ginjal Anda (Gambar10.a). Ulangi sekian kali.
  3. Selanjutnya dengan telapak tangan di atas ginjal Anda, putarlah kedua pinggul seolah Anda sedang berdansa Hula Hoop, sebanyak 20 –30 kali, sambil membayangkan energi memijit, membersihkan dan memperkuat kedua ginjal Anda (Gambar10.b).
  4. Putarlah lagi dengan arah berlawanan dalam jumlah yang sama.
  5. Kemudian berdirilah tegak, bersantailah sepenuhnya, jatuhkanlah kedua tangan Anda pada sisi, katupkanlah kedua mata Anda dan nikmatilah gelitikan sensasi pemijatan pada kedua ginjal Anda atau organ tubuh lainnya.

 

B.9. Menekuk Lutut sedalam mungkin

Latihan ini sangat baik untuk merangsang aliran Chi ke kedua tangan dan kaki, serta efektif untuk melepaskan penyakit Rematik, Arthritis dan luka dalam. Selain itu dapat memperlancar aliran energi Chi yang secara serasi mengalir melalui meridian sehingga dapat melakukan Meditasi Aalam Semesta Kecil dan Alam Semesta Besar, yang merupakan salah satu meditasi tertinggi dari Chi Kung. Prosedurnya adalah sbb:

  1. Berdirilah dengan posisi siap, angkatlah kedua lengan Anda ke depan sampai tahap bahu supaya jari-jari dapat menunjuk ke depan. Pada saat yang sama angkatlah kedua tumit pada jaari-jari Anda dan bernapaslah dengan lembut.(Gambar11.a). Gunakanlah pernapasan perut selama Anda bisa.
  2. Pertahankanlah keseimbangan kedua ibu jari kaki Anda dan pertahankanlah kedua lengan Anda di depan, setara dengan bahu, berjongkoklah sepenuhnya, atau serendah mungkin. Hembuskanlah napas dan bayangkanlah energi tengah mengaliri tulang belakang Anda ke atas dari titik vital Hui Yin yang berada di dekat dubur ke titik vital Pai Hui yang berada di atas kepala. (Gambar11.b).
  3. Sambil tetap mempertahankan keseimbangan kedua ibu jari dan kedua lengan Anda di depan, naikkanlah tubuh Anda ke posisi awal. (Gambar11.c) Secara serentak, tariklah napas ke dalam dan bayangkanlah energi mengaliri bagian bawah bagian depan tubuh Anda dari perut hingga kepala.
  4. Kemudian pelan-pelan rendahkanlah kedua lengan dan tumit Anda ke posisi yang normal, yang juga merupakan posisi siap, berikut telapak tangan Anda yang membuka dan menghadap ke belakang (Gambar11.d) Pada saat yang sama, hembuskanlah napas Anda ke luar dan bayangkanlah energi mengaliri jari-jari dan ibu jari Anda. Ulangilah lagi prosedur tadi dalam jumlah yang sesuai.

 

B.10. Memutar Lutut

Latihan ini sangat sederhana namun memiliki banyak fungsi yang sangat berguna, antara lain dapat melenturkan kedua lutut dan dapat merangsang Chi agar mengalir dengan cara melingkar, dan menyembuhkan penyakit Arthritis, prosedurnya adalah sbb:

  1. Gosoklah kedua telapak tagan Anda untuk menghangatkan dan tempelkanlah kedunya pada kedua lutut Anda.
  2. Dengan kedua telapak tangan Anda masih pada kedua lutut, putarlah kedua lutut Anda sebanyak sepuluh kali ke satu sisi dan kemudian putarlah dengan jumlah yang sama disisi lainnya.(Gambar12.a). Bernapaslah dengan wajar.
  3. Selanjutnya berdirilah tegak lurus, pejamkan kedua mata Anda, santailah dan nikmatilah pijatan chi pada kedua lutut Anda.

 

C. Gerakan Mewujud Sendiri

Latihan ini merupakan Meditasi Aktif tertinggi dari Chi Kung, yang dapat mengarahkan Chi untuk mendapatkan gerakan mewujud sendiri yang membuat tangan, kaki dan tubuh praktisi bergerak sendiri sesuai dengan aliran Chi. Gerakkan ini dapat diarahkan dan dapat dipergunakan untuk penyembuhan dan bela diri. Sehingga dengan menguasai latihan ini praktisi akan mendapat tubuh yang sehat, penuh vitalitas dan dapat menguasai jurus-jurus Tai Chi Chuan dengan baik. Prosedurnya adalah sbb:

  1. Berdirilah tegak lurus dan bersantailah. Gunakanlah jari tengah untuk menekan pusar dengan lembut kira-kira 10 kali. Kemudian pergunakanlah jari tengah yang lain untuk memijat kepala dengan cara memutar sebanyak 3 kali. Penekankan ini berguna untuk merangsang Chi di daerah perut dan membuka titik vital Pai Hui di kepala yang bertindak selaku katup pengaman bagi kelebihan energi untuk mengalir sehingga tidak terhambat di kepala.
  2. Lakukanlah latihan Mengangkat Langit sebanyak 10 – 15 kali. Istirahat sebentar sambil menikmati energi mengaliri tubuh Anda dari kepala hingga ke kaki.
  3. Lanjutkan dengan latihan Mengangkat Air sebanyak 10 – 15 kali.
  4. Teruskan dengan latihan Mendorong Gunung sebanyak 10 – 15 kali. Rasakan aliran energi ke kedua lengan dan kaki Anda.
  5. Kemudian lakukanlah latihan Memanggul Bulan sebanyak 10 – 15 kali, bayangkanlah air pancuran energi yang menakjubkan turun mengaliri Anda, nikmatilah sensasinya beberapa saat.
  6. Lalu berdirilah tanpa bergerak dan tutuplah mata Anda, rasakanlah Chi tengah menggerakkan Anda, ikutilah, dan nikmatilah gerakan mewujud sendiri tersebut.
  7. Jika Anda belum juga bergerak, bayangkanlah Chi tengah mengalir dari kepala lewat tubuh terus ke kaki Anda. Bayangkan dan pikirkanlah hidung, kemudian kedua kaki, dan relakanlah tubuh Anda sepenuhnya seakan tengah mengapung di awan. Lakukan secukupnya. Jika Anda melakukannya dengan benar dan cukup santai, Chi akan mengalir ke tubuh Anda yang membuatnya bergoyang nikmat.
  8. Tutuplah mata Anda dan santailah sepenuhnya sambil menikmati aliran energi di dalam tubuh Anda, yang merupakan meditasi mengalir.
  9. Setelah aliran energinya terasa lancar, Anda dapat membuka mata, dan dengan lembut Anda dapat mengarahkan energi tersebut ke arah penyakit Anda, untuk menyembuhkannya. Anda juga dapat mengarahkan energi ini dengan pikiran Anda bukan digerakkan, untuk menggerakkan tubuh Anda, untuk mendapatkan gerakan-gerakan tertentu, seperti gerakkan Kung Fu. Silat dll, karena energi ini mengikuti pikiran Anda.
  10. Setelah Anda merasa cukup, Anda dapat menghentikannya, konsentrasikan Chi pada perut dan dengan lembut hentikanlah gerakkan Anda. Berdirilah diam selama beberapa detik, pusatkan pikiran Anda ke perut, untuk membumikannya. Gosoklah kedua telapak tangan Anda letakkan pada kedua mata dan sentuhlah keduanya, kemudian buka mata Anda. Lalu berjalanlah dengan cepat. Latihan selesai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: