Rahasia Gerakan Awal dalam TAI CHI

‘Wuji menciptakan Tai Chi, Tai Chi kembali ke Wuji’

Para praktisi pemula dalam Tai Chi biasanya hanya melakukan Tai Chi dari bentuk koreografinya, bisa saja disertai dengan nafas relaksasi yang mungkin bisa mendatangkan ketenangan dan perasaan rileks di tubuh dan perasaannya. Dalam hitungan beberapa detik, biasanya gerakan permulaan ini sedemikian cepat berlalu dan berlanjut ke rangkaian gerak berikutnya. Padahal dari segi tinjauan energi, gerakan ini adalah awal penghimpunan dan tuning energi chi yang mendasari pergerakan chi pada gerakan-gerakan jurus selanjutnya. Pergerakan chi  akan mengalir ke semua titik dan jalur meridian energi tubuh, serta mengisi kantung-kantung energi pada tiap organ untuk menjalankan sistem faalinya.

Gerakan Awal, yang dalam Tai Chi Wudang disebut dalam rangkaian gerakan berurut yaitu Satu Chi Hampa’–’Yin Yang’–’Memutar Kosmos’–’Memulai Perubahan’ dan ‘Menaiki Kuda untuk Menanyakan Jalan’, sebenarnya adalah metode penghimpunan energi chi dan pemadatan alami aspek internal energi, yang merupakan dasar dari Chi Kung atau tenaga dalam. Bagi anda yang belajar Tai Chi gaya Yang dan gaya Wu Kecil (Wu Yu Xiang) dan gaya Sun, gerakan awal ini disebutGerakan Awal Tai Chi’. Sedangkan dalam gaya Chen dan gaya Wu Besar (Wu Chuan You), gerakan ini disebut ‘Kuda-kuda Utama’. Namun secara keseluruhan, kuda-kuda awal dalam Tai Chi bisa disebut sebagai Kuda-kuda Utama dan Kuda-kuda Tai Chi (Menaiki Domba).

Walaupun dari gerakan awal dari berbagai gaya tersebut ada yang berbeda, namun secara dasar para praktisi dapat melakukannya dalam bentuk yang paling sederhana dan dapat dilakukan tersendiri (tanpa meneruskan dalam gerakan berikutnya) untuk melatih kepadatan dan memperbesar energi internalnya. Dan hal itu dilakukan selama periode tertentu yang bervariasi dari beberapa menit hingga satu jam atau lebih.

Gerak dasarnya adalah sebagai berikut:
1. Mulai dalam posisi berdiri tegak dengan kedua kaki cukup rapat dan kedua lengan menggantung alami. Pikiran dan tubuh rileks. Posisi ini disebut posisi 
Wuji Zhuang’ atau Kuda-kuda Utama. Berat badan bertumpu di dua kaki namun tidak ditumit. Diamkan beberapa saat, dan visualisasikan energi chi diri di sektor Dan Tian bergabung dengan energi kosmis alam.
2. Lalu gerakkan kaki, pindahkan berat tubuh ke kaki kiri (isi), dan gerakkan kaki kanan sejarak satu kaki ke kanan (kosong).Pindahkan berat tubuh dari kaki kiri ke kaki kanan, dan pindahkan kaki kiri (kosong) sejauh dua kaki ke kiri. Lalu biarkan berat tubuh di atas kedua kaki secara penuh.

3. Tekuk sedikit lutut kedepan, dan tubuh tetap rileks dan tegak. lalu angkat kedua lengan ke depan sampai batas dada, dengan siku terlipat seolah membentuk lingkaran di depan.Visualisasikan seolah sedang memegang 3 bola, bola kecil yang dibentuk kedua telapak tangan yang saling berhadapan, bola besar yang dibentuk lengkung dua lengan dan bola lebih besar yang dibentuk oleh paha dan lutut. Bisa juga ditambahkan bola energi imajiner keempat yang melingkupi keseluruhan tubuh anda. Dan diamkan beberapa saat, hingga bola energi itu terasa padat. Posisi ini biasanya juga disebut ‘Mengangkat Air’.

4. Lalu turunkan lagi posisi kedua tangan ke posisi semula, seolah menekan bola energi itu turun ke bawah dan memadat. Lalu ulangi lagi gerakan poin 3, dan lanjutkan ke poin 4. Lakukan gerakan ini berulang dengan visualisasi yang sama.


Ketika berlatih Tai Chi, seseorang normalnya berdiri dalam Kuda-kuda Utama hanya beberapa detik, dan menaikkan lengan (posisi Mengangkat Air) hanya dua kali. Bila kedua gerakan ini dipraktekkan secara terpisah dan berulang-ulang dalam periode waktu dari beberapa menit hingga ke jam, boleh jadi bukan hanya kesehatan dan relaksasi yang anda dapatkan, peningkatan besar dan kepadatan energi juga akan didapatkan.

Bagaimana? anda ingin mencobanya?…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: