Bikin flashdisk installer simpel

Cara Termudah Install Windows 7 dari Flashdisk

Tidak perlu ribet menggunakan software-software pembantu untuk membuat installer pada DVD Windows 7 ke flashdisk agar bootable dan dapat melakukan instalasi. Karena pada DVD Windows 7 sudah terdapat file yang bisa kita sulap menjadi alat pem-bootable flashdisk. Hanya perlu tindakan kecil lalu nyantai sambil minum kopi.

Pertama Anda siapkan flashdisk setidaknya berkapasitas 4GB untuk menampung file Windows 7 yang berkisar kurang lebih 3GB. Formatkan flashdisk tersebut dengan tipe format NTFS file system. Setelah itu, copy semua file installer dari DVD Windows 7 ke dalam flashdisk, lalu cari file bootmgr, rename bootmgr menjadi NTLDR. Flashdisk sudah siap dipakai untuk menginstall windows 7.

Cara installnya sama seperti melalui DVD. Restart dulu komputer lalu masuk ke pengaturan BIOS, biasanya dengan menekan tombol DEL atau F2 pada tampilan pertama komputer saat dihidupkan. Cari dan aturlah agar boot pertama dilakukan pada device yang Removable Disk artinya Flashdisk yang sudah anda colok untuk menginstall Windows 7 terpilih sebagai firstboot. Lalu simpan pengaturan dan keluar dari BIOS. Jika ternyata sudah masuk ke proses instalasi berarti berhasil. Tinggal anda ikuti saja step-by-step proses install dan pengaturan yang diminta sesuai keinginan Anda.

Note

:

Jangan menggunakan flashdisk yang berisi file-file penting Anda, backup terlebih dulu ke tempat penyimpanan lain sebelum memformat.

5 comments:


  1. topSpot | Find your top spot here1/8/13, 10:22 AM

    Kembali berkontribusi komentar di blog lekitra ini! 

    Mantab bener nih postingan nya, dan tentunya sangat membantu bagi teman-teman yang belum pernah booting dengan flashdisk. O ya, btw ane sendiri walau sudah cukup lama tahu mem-booting OS via flashdisk, masih ada sesuatu yang bikin penasaran soal ini. Bagi yang sudah terbiasa booting-membooting OS via flashdisk, mungkin sudah lumrah u/ satu OS saja. Yang ane pengen tahu, gimana ya kalau dualboot atau bahkan multiboot di satu flashdisk? Ane rasa ini juga bakal jadi bahasan menarik u/ melanjutkan postingan ini. Mudah-mudahan admin ada kesempatan mem-posting request’an ini. THANKS 

    NB : Biar lebih afdol, alasan ane me-request tutorial dualboot & multiboot muncul waktu membaca ini > http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/2011/09/4-system-operasi-dalam-1-flashdisk.html.


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: