Mancing Di Laut, haruskan dengan sampan ?

Pengalaman 19 tahun memancing ikan , cukup dipercaya tips dan triknya.
Berikut ringkasan cerita Bpk Kurniawansyah, yang kesehariannya melayani pembeli berbagai peralatan elektronik dan alat listrik di Dompu.

Memang harus tahu jenis ikan dan di mana dia biasa berada. Jika ikan Kerapu dan ikan karang lainnya yang menjadi sasaran maka harus memilih lokasi perairan berkarang. Cukup dari pinggir saja. Beliau mampu melempar sampai 60 meter, memang butuh latihan ya…. Senar 1 roll… mata pancing ukuran 5 atau 7. Umpan  harus sesuai ikan yang akan dipancing. Jika ikan sasaran sebesar 2 telapak tangan, maka umpannya ikan sebesar telapak tangan. 

Pemberat.
Pemberat sangat penting untuk mencapai kedalaman, dan sebagai bahan pelempar agar jauh, namun kadang pemberat inilah yang menjadi penyebab tersangkutnya kail kita di karang yang akhirnya putus bersama ikan. Karena kejeliannya maka beliau menganalisis. Fungsi pemberat, kapan pemberat dibutuhkan, bahan apa yang murah. Nah pemberat yang murah adalah batu, maka tidak perlu beli. Pemberat dibutuhkan saat pelemparan dan menenggelamkan kail sampai umpan  dimangsa ikan. Setelah itu pemberat tidak diperlukan lagi karena justru bikin nyangkut, nah agar beban bisa lepas maka batu itu dimasukkan dalam plastik es apollo yang diikat di dekat kail sebagai pemberat, dan akan hancur lepas saat ikan beraksi kena mata kail.maka resiko tersangkut di karang menjadi kecil sekali. Kail Ikan aman bisa sampai pantai… dan dibakarnya…Kalau ingin ikan kakap lokasinya di laut Ho’do katanya.

Cara ke dua tanpa pemberat, tetapi menggunakan ikan dapatan yang sudah mati yang direndam dalam air lebih kurang 15 menit. Maka aan tenggelam di air. skaligus pemberat kan ?

Selamat memancing. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: